sertifikasi iso 37001

ISO 37001 merupakan Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) yang dikeluarkan oleh organisasi internasional untuk standardisasi. Tujuan dari standar ini adalah untuk menetapkan, menerapkan, memelihara, dan meningkatkan program anti penyuapan yang berfungsi mencegah, mendeteksi, dan menangani risiko penyuapan dalam suatu organisasi atau lembaga. Untuk itu, perusahaan wajib memiliki sertifikasi ISO 37001.

Standar ini dapat membantu organisasi mengendalikan praktik penyuapan yang memiliki beberapa tahapan penting, seperti penetapan anti kebijakan, penunjukkan petugas yang berwenang untuk mengawasi kepatuhan terhadap praktik anti penyuapan, pembinaan dan pelatihan anggota organisasi hingga pelembagaan laporan prosedur investigasi.

Proses Sertifikasi ISO 37001 

Standar ini cocok untuk diterapkan di semua perusahaan untuk melihat apakah ada potensi dan indikasi praktik suap yang dilakukan baik dari luar maupun dari dalam perusahaan. Berikut ini beberapa tahapan proses sertifikasi ISO 37001.

  1. Analisis Kesenjangan

    Tujuan analisis kesenjangan adalah untuk mengetahui sejauh mana perusahaan tersebut sudah menerapkan praktik anti suap sehingga bisa diketahui gap-nya dan strategi perbaikan bisa dilakukan dengan cepat.
  2. Kajian Risiko

    Kajian risiko bertujuan untuk mengetahui risiko apa saja yang diduga sebagai suap.
  3. Penyusunan Dokumen

    Penyusunan dokumen bertujuan agar mitigasi risiko sebagai hasil dari kegiatan kajian risiko yang sudah dilakukan pada tahapan sebelumnya bisa terdokumentasi dengan baik sehingga bisa diimplementasikan secara konsisten.
  4. Implementasi

    Kegiatan ini bertujuan untuk mengimplementasikan dokumen yang disusun sehingga semua yang sudah dibuat pada tahap awal bisa ditangani dengan cepat.
  5. Pemeriksaan Intern

    Pemeriksaan intern bertujuan untuk melakukan penilaian internal sehingga bisa diketahui proses dan kemajuan implementasi yang sudah dilakukan hingga menentukan tindakan perbaikan yang perlu dilakukan.
  6. Persiapan Audit Sertifikasi

    Tahapan ini bertujuan untuk melakukan persiapan secara teknis dan mental untuk menghadapi audit sertifikasi.
  7. Sertifikasi Audit

    Sertifikasi audit bertujuan untuk terujinya implementasi sistem manajemen anti penyuapan, baik efektivitas ataupun penyesuaian terhadap persyaratan ISO 37001.

Manfaat ISO 37001 untuk Organisasi

Tujuan adanya ISO 37001 di organisasi adalah sebagai upaya untuk mencegah, memelihara, dan menetapkan program anti suap di perusahaan. Berikut beberapa manfaat ISO 37001 untuk organisasi atau perusahaan.

  • Mempertahankan Reputasi Perusahaan

    Reputasi sebuah organisasi akan menentukan penilaian masyarakat terhadap citra sebuah organisasi. Untuk itu, perusahaan wajib untuk mempertahankan reputasinya.
  • Mengurangi Adanya Biaya yang Tidak Perlu

    Ketika organisasi mengalami kasus penyuapan, maka akan muncul pengeluaran untuk memulihkan keadaan. Hal ini tentunya bisa dihindari jika organisasi sudah berkomitmen untuk tidak terlibat pada kasus tersebut.
  • Meningkatkan Kredibilitas Organisasi

    Jika organisasi menerapkan sistem manajemen anti suap secara konsisten, maka akan membuat organisasi menjadi lebih kredibel. Karena hal tersebut menunjukkan bagaimana organisasi minim akan risiko penyuapan.
  • Meningkatkan dan Menguatkan Sistem Manajemen Organisasi

    Perusahaan yang sudah menerapkan sertifikasi ini memiliki kemampuan yang lebih baik untuk mengatasi mitigasi penyuapan. Dengan begitu, sistem manajemen organisasi akan meningkat lagi baik dari segi internal maupun internal.
  • Penanganan yang Tepat pada Kasus Penyuapan

    Dengan konsisten menerapkan ISO 37001, organisasi bisa melakukan keputusan yang tepat untuk langkah pendeteksian dan penanganan tindakan suap. Penerapan ISO 37001 merupakan langkah strategis dalam menghadapi korupsi dan penyuapan. 
  • Menciptakan Organisasi yang Bertanggung Jawab

    Organisasi yang konsisten menerapkan ISO 37001 akan menciptakan budaya kerja yang sehat. Hal ini karena terdapat aspek-aspek transparansi yang tinggi. Selain itu, hal ini sebagai bentuk tanggung jawab perusahaan yang tidak hanya berfokus kepada pihak luar tapi semua struktur organisasi perusahaan.

  • Mendapat Pengakuan Dunia Internasional

    Jika perusahaan Anda memiliki sertifikasi ISO 37001, maka akan membuat organisasi mendapat pengakuan tingkat global.

Kami siap melayani kebutuhan Anda
Dapatkan promonya sekarang